Selasa, 09 April 2013

BANJIR MANEH-BANJIR MANEH


Tanggul Bengawan Solo di Banjararum 

Rengel Tuban Bocor


(detiksurabaya/Dion Fajar)
Tuban - Tanggul Bengawan Solo di Desa Banjararum, Kecamatan Rengel, Tuban, bocor. Air dari dalam sungai mengalir ke pemukiman warga melalui celah-celah tanggul sungai terpanjang di Pulau Jawa tersebut.

Warga sekitar bantaran sungai pun mulai resah. Mereka takut tanggul tiba-tiba jebol sehingga air bah menyapu desa. Pasalnya air bengawan solo terus meningkat dan kini menyentuh angka 11,55 Phielshcaal.

Dari pantauandi lokasi, kondisi tanggul Bengawan Solo memang sudah sangat kritis dan rawal jebol. Tanah pada tanggul mengalami ambles sepanjang 50 meter dengan kedalaman sekitar setengan meter.

"ini sudah mulai retak sejak seminggu kemarin. Tapi ini dari hari ke hari semakin parah retakannya. jadi ini warga ya sangat panik mas," ujar Nasri (51), salah satu warga yang rumahnya tepat dibawah tanggul Bengawan Solo, Selasa (9/4/2013).

Sementara itu untuk mengatasi kerusakan tanggul supaya tidak semakin parah, warga dibantu petugas kepolisian melakukan perbaikan tanggul secara gotong royong. Perbaikan dilakukan hanya dengan menguruk bagian tanggul yang ambles menggunakan pedel.

Warga berharap pemerintah segera mengambil langkah stategis untuk mengantisipasi kondisi tersebut. "Mudah mudaha pemerintah segera dapat solusi untuk memperbaiki. Pasalnya ini baru dua bulan dilakukan perbaikan dengan pengurukan, namun kembali longsor lagi dan ambles," terang Warsito.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar